Penyebab Luka bernanah dan cara mengobatinya

 Penyebab luka bernanah

Beberapa risiko luka bernanah dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Luka terbuka. Benda tajam atau luka gores pada kulit yang tak kunjung sembuh dapat memicu terjadinya infeksi penyebab luka bernanah.
  • Penyakit tertentu. Mengidap penyakit kronis seperti diabeteskanker, gangguan hati dan ginjal yang menghambat proses penyembuhan luka.
  • Sistem kekebalan tubuh. Kekebalatan tubuh yang tidak prima akibat defisiensi nutrisi, radiasi dan konsumsi obat-obatan berisiko mengalami infeksi.
  • Trauma. Luka yang tak kunjung sembuh akibat adanya trauma yang berulang dapat meningkatkan resiko infeksi dan memperlambat proses penyembuhan luka.
  • Gangguan aliran darah. Aliran darah yang tidak lancar atau terganggu akibat adanya penyempitan pembuluh darah seperti stroketekanan darah tinggi dan penyempitan jantung berisiko menyebabkan infeksi penyebab luka bernanah.


Mengobati luka bernanah

Mengobati luka bernanah dapat dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus ke rumah sakit, namun beberapa kondisi infeksi penyebab luka bernanah harus ditangani oleh dokter.

Konsultasikan jenis luka yang Anda alami ke dokter bila mana Anda tidak yakin dapat mengobati luka tersebut.

Berikut perawatan dan pengobatan luka bernanah:

Sebelum memulai melakukan perawatan terhadap luka yang benanah, siapkan dulu bahan-bahannya seperti:

  • Cairan antiseptik (Rivanol atau Betadine)
  • Kain kasa steril.
  • Plester roll.
  • Bila perlu beri salep antibiotik yang dapat dibeli di apotek.
  • Baskom berisi air bersih hangat yang telah diberi sabun antiseptik.

Jika sudah tersedia, saatnya melakukan pengobatan pada luka bernanah.

Bersihkan luka

Bersihkan luka menggunakan air bersih yang telah diberi sabun antiseptik, jika bagian luka dapat direndam maka bersihkan luka sambil direndam.

Jika bagian luka tidak dapat direndam maka cara lainnya bisa dengan membasahkan kasa steril menggunakan cairan antiseptik (Rivanol) dan bersihkan luka yang bernanah.

Lakukan pembersihan luka dengan cara di atas hingga luka bersih dari nanah. Hindari untuk mengeluarkan nanah dengan paksa apalagi menggunakan tangan yang tidak steril.

Beri obat merah

Sebelum menggunakan obat merah pada area luka, Anda dapat melakukan kompres terlebih dahulu menggunakan kain kasa steril yang telah direndam menggunakan air mengandung antiseptik selama 5 menit.

Beri obat merah (Betadine) pada luka secukupnya. Bila tidak ada obat merah, dapat menggunakan salep khusus luka yang dapat dibeli di apotek. Oleskan ke seluruh bagian luka secukupnya.

Tutup luka

Tutup luka dengan kasa steril serapat mungkin lalu rekatkan menggunakan plester roll. Jaga luka agar tetap kering terhindar dari air, usahakan menutup luka bila mana harus bersentuhan dengan air.

Posting Komentar

0 Komentar