Cara Merawat Motor Honda Beat F1

 Kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat motor Honda Beat FI, motor yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia agar tetap dalam kondisi prima dan tetap tangguh.

Sebelum ke tahap pertama, perlu kita pahami terlebih dahulu jika Honda Beat FI memiliki teknologi Fuel Injection yang artinya pencampuran bahan bakar dengan udara melalui alat yang bernama injector. Injector berfungsi sebagai pencampur bensin dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator. Sistem injeksi ini awalnya digunakan pada motor-motor balap untuk menghemat bahan bakar. Namun, seiring pesatnya perkembangan teknologi, sistem injeksi dapat diaplikasikan pada motor-motor komersil.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor Honda Beat FI agar mesin tetap dalam kondisi prima.

Memanaskan Mesin Motor Setiap Pagi Hari

Memanaskan mesin pada pagi hari adalah hal penting yang harus kamu lakukan sebelum beraktivitas. Walaupun cara ini mudah dilakukan, masih banyak dari kita yang sering kali lupa melakukannya. Honda Beat FI perlu dipanaskan pada pagi hari karena selama proses pemanasan, komponen seperti oli dan bagian mesin yang lain juga melakukan persiapan sebelum bekerja untuk menghasilkan tenaga pada motor. Mesin motor perlu dipanaskan untuk mendapatkan suhu lebih tinggi sebelum digunakan. Perubahan suhu yang perlahan ini juga membuat komponen mesin lebih awet.

Rutin Mengecek Kondisi Aki

Pada motor yang menggunakan teknologi injeksi, aki adalah hal yang paling penting. Pasalnya, sistem injeksi ini mengandalkan kelistrikan untuk bekerja. Aki sendiri adalah sumber kelistrikan utama pada motor yang menggunakan sistem injeksi. Motor injeksi bisa dibilang sangat sensitif terhadap kelistrikan. Sistem injeksi membutuhkan ECM yang dikendalikan oleh komputer dengan kelistrikan yang stabil.  

Namun, bagi Anda yang menggunakan Honda Beat FI tidak perlu khawatir karena motor ini menggunakan aki kering yang minim perawatan. Hal yang perlu Anda lakukan hanya rutin mengecek aki secara berkala. Pastikan apakah aki masih bekerja dengan baik atau tidak.

Lakukan Pengecekan Mesin Secara Rutin

Setiap


kendaraan memang sudah seharusnya mendapatkan servis secara rutin untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima. Begitu juga dengan Anda menggunakan Honda Beat FI untuk menemani keseharian. Servis rutin biasanya memperhatikan kondisi oli yang harus diganti setiap jarak tempuh 2.000-2.500km, kondisi pada pengapian busi, kelistrikan, dan kualitas belt. Lakukanlah servis secara berkala di bengkel-bengkel resmi Honda untuk mendapatkan penanganan tepat agar performa mesin motor selalu dalam keadaan baik.

Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Ini adalah cara termudah untuk merawat motor injeksi, yaitu dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi atau oktan di atas 90. Tujuannya adalah menyempurnakan pembakaran sehingga sistem injector dapat bekerja dengan optimal. Lalu, apa jadinya jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah? Menggunakan bahan bakar beroktan rendah tentu akan sangat memengaruhi kinerja mesin. Tarikan mesin akan menjadi berat dan kasar. Di samping itu, bahan bakar beroktan rendah akan menghasilkan kerak pada sistem injeksi yang akan menimbulkan kerusakan di kemudian hari.

Periksa ECU

Teknologi ECU atau Electronic Contro Unit merupakan otak dari sistem injeksi pada motor. Jadi, jika ECU bermasalah, sudah dapat dipastikan sistem injeksi motor tidak berjalan dengan baik sehingga akan membuat kendaraan mogok. Untuk menghindari masalah pada ECU, lakukanlah pemeriksaan secara berkala. Jika Anda tidak ingin terjadi kesalahan, bawalah motor ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan ECU.

Posting Komentar

0 Komentar