PERBEDAAN ABSES PERIANAL DAN FISTULA ANI

 Abses dengan fistula merupakan 2 kondisi yang berbeda. Namun, abses bisa menjadi salah satu penyebab munculnya fistula. Berikut kami jabarkan penjelasannya.

Abses adalah suatu kantung yang di dalamnya berisi nanah karena infeksi, terutama infeksi bakteri. Abses yang terbentuk di sekitar anus disebut juga dengan abses perianal. Secara klinis, kondisi ini kerap ditandai dengan suatu benjolan atau bengkak yang berwarna kemerahan, terasa hangat, nyeri, dan lunak konsistensinya. Pada beberapa kasus, bisa juga abses tertanam jauh di dalam permukaan kulit, sehingga tidak mudah tampak secara kasat mata. Akibat peradangan yang terjadi pada abses perianal, penderita kerap juga mengalami demam, mengigil, nyeri otot dan persendian, serta sensasi tidak enak badan lainnya. Abses perianal ini sering terjadi berkaitan dnegan fisura ani, infeksi menular seksual, tersumbatnya kelenjar di anus, kolitis, radang usus, diabetes, divertikulitis, radang panggul, dan sebagainya.





Nanah yang bertumpuk di dalam kantung abses, jika tidak mendapat penangaan yang cepat dan tepat, bisa mencari jalan keluar membentuk suatu terowongan yang berujung ke permukaan kulit. Kondisi inilah yang disebut dengan fistula perianal. Dengan terbentuknya fistula perianal ini, gejala abses perianal yang sebelumnya muncul bisa terkesan membaik, namun disertai dengan keluarnya nanah yang sering disertai darah dan bau tidak sedap dari area sekitar anus.

Posting Komentar

0 Komentar